Evaluasi Kompetensi Guru di Era Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas 10 SMANegeri 3 Slawi

Isi Artikel Utama

ismi latifah Bukro widodo
Wahyu Jati Kusuma
Subiyanto

Abstrak

Tujuan peneliti ini adalah untuk mengatahui implementasi kurikulum merdeka dan evaluasi komptensi guru di SMA Negeri 3 Slawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif berupa kata-kata dari pelaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian tentang impementasi kurikulum merdeka dan evaluasi kompetensi guru.  Hasil penelitian menyatakan bahwa kurikulum merdeka merupakan perubahan dari kurikulum sebelumnya yang dibuat oleh kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kamendikbudristek) di SMA Negeri 3 Slawi telah melaksankan kurikulum merdeka pada ajaran baru tahun 2021. Karakteristik dari kurikulum merdeka yaitu projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), adanya istilah pembelajaran discovery learning, tes diagnostik, Capaian Pembelajaran (CP), alur tujuan pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar (MA). Sedangkan evaluasi kompetensi guru dalam upaya meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah  SMA Negeri 3 Slawi menjadi faktor yang amat penting. Kompetensi guru tersebut meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional. Dengan kompetensi yang ada guru dapat memberikan pelayanan pembelajaran yang baik sehingga tercipta kualitas pembelajaran yang bermutu.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Bukro widodo, ismi latifah, Wahyu Jati Kusuma, & Subiyanto. (2024). Evaluasi Kompetensi Guru di Era Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas 10 SMANegeri 3 Slawi. JOURNAL CIVIC EDUCATION AND ETHNOGRAPHY, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.24905/civet.v2i2.43
Bagian
Articles

Referensi

Akbar, P.S. & Usman, H. (2011). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Moleong Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV
Suparlan, 2008, Menjadi Guru Efektif, Jakarta: Hikayat Publishing.
Arikunto, S. Jabar, C. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Sutrisno, S., Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru
dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Era Merdeka Belajar. ZAHRA:
Research and Tought Elmentary School of Islam Journal, 3(1), 52–60.