PERANAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK KEPRIBADIAN ANAK MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA DI KELURAHAN MINTARAGEN KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui peran orang tua dalam mendidik kepribadian anak, nilai-nilai dasar yang difokuskan pada sila Ketuhanan dan sila Kerakyatan, serta keunggulan dan hambatannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deksripstif kualitatif yaitu berupa kata-kata tertulis dengan wujud data berupa kata dan tindakan. Kemudian data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan 1) peran orang tua dalam mendidik kepribadian anak dilakukan dengan cara melakukan komunikasi, memberikan perhatian, bimbingan, serta arahan pada anak. 2) nilai dasar di fokuskan pada sila ketuhanan dan sila kerakyatan ditanamkan orang tua pada anak seperti mengajarkan anak ibadah sesuai agamanya, dan melakukan musyawarah terhadap keputusan yang akan diambil dalam kehidupan anak. 3) kelebihan dalam mendidik kepribadian anak melalui nilai-nilai Pancasila pada sila Ketuhanan dan sila Kerakyatan sebagai pengenalan agama yang dianutnya, sebagai pondasi dan benteng dalam pergaulan, serta disisplin, mandiri dan berani. Hambatannya anak yang kadang tidak patuh dengan nasihat orang tua serta memiliki pemikiran sendiri dan tidak mau diarahkan.
Rincian Artikel
Referensi
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Cv.
Yogyakarta Press (1st ed.). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.
Ruli, E. (2020). Tugas Dan Peran Orang Tua Dalam Mendidk Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, vol.1(No.1), hlm.145.
Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0. TA’LIM?: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 208–225.
Samsudin, S. (2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Scafolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61.
Khosiah, N. (2020). Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas– Probolinggo, 6(1), 84–100.
Ariani, F. (2019). Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 60–68.