Implementasi Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di SMP Kota Tegal tahun 2022/2023 Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh implementasi P5 di SMPN 15 Kota Tegal dalam aspek perencanaan, pembelajaran, dan luaran. Ada beberapa tahap perencanaan P5 adalah membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan, menentukan dimensi, tema, alokasi waktu, menyusun modul terkait, dan merancang strategi hasil pelaporan. Beberapa tahap pembelajaran P5 Pancasila adalah mengetahui kemampuan awal, tahap pengenalan, tahap kontekstual, tahap aksi, dan tahap share yaitu evaluasi atau refleksi. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang terpilih, hal ini dikarenakan pendekatan kualitatif menunjukan interaksi yang intim antara peneliti dan informan sehingga memerlukan adaptasi yang tinggi dalam memperoleh data. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari proses perencanaan pembelajaran di SMPN 15 Kota Tegal ada beberapa tahap yaitu a) Tahap kesiapan, b) Proses perencanaan terintegrasi, c) Penyusunan tim fasilitator oleh guru, d) Dimensi dalam penerapan P5 terintegrasi dengan 6 dimensi dengan 2/3 tema, e) Penyusunan modul. Proses pembelajaran ada beberapa tahap yaitu a) Proses pembelajaran dilakukan secara terintegrasi dengan mapel, b) Proses pengetahuan awal dengan melihat lingkungan, c) Pengenalan pembelajaran P5 secara berjenjang, d) Dalam pengenalan lingkungan, e) Melaksanakan aksi projek P5 sesuai dengan tema yang ditetapkan. Dampak dari P5 adalah siswa-siswi memiliki pemahaman, nilai, moralitas, serta pengalaman. Proses dokumentasi menggunakan foto dan video diunggah di media sosial, , youtube, Tik Tok, radar tegal online, dll.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Dampak P5
Rincian Artikel
Referensi
Jayanti, R., Rinayuhani, T. R., & Hasanudin, C. (2022). Pendampingan Siswa SMK Palapa Mojokerto dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara sebagai Bentuk Dimensi Kreatif dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 281-290.
Kemendikbud, 2022. Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Marisa, M. (2021). Inovasi kurikulum “Merdeka Belajar” di era society 5.0. Santhet:(Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora), 5(1), 66-78.
Nisa, Z. (2022). Implementasi keterampilan pembelajaran abad 21 berorientasi kurikulum merdeka pada pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Al Falah Deltasari Sidoarjo (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Putra, P. H. (2019). Tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99-110.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Issue 465).
Wibawa, R. P., & Agustina, D. R. (2019). Peran pendidikan berbasis higher order thinking skills (hots) pada tingkat sekolah menengah pertama di era society 5.0 sebagai penentu kemajuan bangsa indonesia. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(2), 137-141.