Main Article Content

Abstract

Tujuan adalah Untuk mengetahui dampak game online terhadap karakter anak di Desa Slawi Kulon Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal dan Untuk mengetahui peran orang tua dalam membentuk karakter anak.Hasil dari penelitian ini diperoleh dengan teknik wawancara tak terstruktur responden anak usia 12-15 tahun yang aktif nermain game 8-10 jam lebih dan orang tua,  Observasi (pengamatan),  dan Studi Dokumentasi teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditunjukan pada subjek penelitian, namun melalui dokumen yang dapat berupa catatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Penelitian menyimpulkan Dampak game online terhadap karakter anak di Desa Slawi Kulon Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal secara negatif adalah anak melalaikan kewajibannya, perubahan pola istirahat atau tidak disiplin, anak berbicara kotor dan tidak sopan, anak melakukan tindakan kekerasan, anak menjadi agresif, anak menjadi boros, terganggunya anak secara psikologis. Dan dampak positif game online adalah meningkatkan kemampuan bahasa inggris, anak menjadi mandiri, melatih kemampuan bekerjasama, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan imajinasi pada anak.  Dan Peran orang tua dalam mendidik dan membentuk karakter anak adalah memberikan nasehat, mendisiplinkan waktu pada anak, memberikan kegiatan positif pada anak, peran teman sebaya, menegur atau mengkritik anak, menyita handphone anak.


 

Keywords

Dampak game Online anak

Article Details

How to Cite
Santika Rahma Diyani. (2023). Dampak Game Online Terhadap Karakter Anak di Desa Slawi Kulon Kabupaten Tegal. JOURNAL CIVIC EDUCATION AND ETHNOGRAPHY, 1(2), 14-21. https://doi.org/10.24905/civet.v1i2.14

References

  1. Kustiawan, Andri Arif dan Andy Widhiya Bayu Utomo. 2019. Jangan Suka Game Online Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Jawa Timur: CV. Ae Media Grafika.
  2. Al-Munajjid, Muhammad Shalih. 2016. Bahaya Game. Solo: Aqwam.
  3. Suwardani, Ni Putu. 2020. Quo Vadis Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali: Unhi Press
  4. Edi, Johan. 2019. Modul Pendidikan Karakter Bela Negara dalam Pembelajaran. Palembang: CV. Amanah.
  5. Kaily, Axela. 2019. Rahasia Membaca Watak Karakter Orang lain. Yogyakarta: Araska.
  6. Pramono, Adi. 2010. Membiasakan Perilaku yang Terpuji. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  7. Naim, Akhsan dkk. 2015. Profil Anak Indonesia 2015. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP&PA).
  8. Probowati, Yusti dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Malang: Penerbit Selaras.
  9. Rumini, Sri dan Siti Sundari. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  10. Sarwono, Sarlito Wirawan. 2013. Psikologi Remaja. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  11. Yusuf, Syamsu. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  12. Hastuti, Dwi. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan 2. Jakarta: CV Seti-Aji
  13. Slamet dkk. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan 3. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
  14. Lubis, Yusnawan dkk. 2015. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IX. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
  15. Ardini, Pupung Puspa dan Anik Lestariningrum. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara.
  16. Nurkholis. 2016. ”Metodologi Penelitian”.
  17. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
  18. Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  19. Hasan, M Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya.Jakarta: Ghalia Indonesia.
  20. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
  21. Khoiriyah, Siti. 2018. ”Dampak Game Online terhadap Perilaku Remaja dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Lima Waktu di Desa Rangai Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan”.
  22. Izza, Faiq Khoridatul. 2019. ”Dampak Game Online terhadap Perilaku Keagamaan Remaja di Desa Modopuro”.
  23. Ulum, Bahrul. 2018. “Game “Mobile Legends Bang Bang” Di Kalangan Mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya Dalam Tinjauan “One Dimensional Man” Herbert Marcuse”.
  24. Winarni, Isti. 2020. “Pengaruh Penggunaan Game Online Free Fire Terhadap Perilaku Sosia Siswa Kelas V MI Di Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020”.