Main Article Content

Abstract

Salah satu inovasi dalam proses pembelajaran yakni dalam hal media pembelajaran. Media pembelajaran sebagai salah satu komponen dalam proses pembelajaran merupakan suatu yang yang sangat penting terlebih lagi di era yang semakin canggih dan modern ini.  Guru atau pengajar dituntut untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang setiap waktunya. Pengembangan Media Pembelajaran. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yaitu interactive video pada materi norma dan keadilan. Metode yang digunakan adalah research and development. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbentuk video interaktif berdurasi 19 menit 20 detik mengenai materi norma dan keadilan berdasarkan penilaian pakar media pembelajaran berbentuk video interaktif ini memenuhi kelayakan. Guru ahli materi memberikan penilaian dengan rata-rata 4,6 dan 4,4. Sedangkan guru ahli media memberikan penilaian 4,7 dan 4,6. Dari penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video interaktif ini layak digunakan sebagai bagian dari kegiatan belajar mengajar

Article Details

How to Cite
Fatikh Muhammad Alaudin, R. Samidi, & Wahyu Jati Kusuma. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interactive Video pada Materi Norma dan Keadilan di SMP MBS Wanasari. JOURNAL CIVIC EDUCATION AND ETHNOGRAPHY, 1(2), 7-13. https://doi.org/10.24905/civet.v1i2.13

References

  1. Djamaluddin, Ahdar, Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran, 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV. Kaffah Learning Center
  2. Hidayat, Rahmat, Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori, dan Aplikasinya”. Medan : Penerbit LPPPI
  3. Ikbar, Yanuar. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung : PT Refika Aditama.
  4. J. Moloeng, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  5. Milawati, dkk. 2021. Media Pembelajaran. Klaten : Penerbit Tahta Media Group
  6. Moehadjir, Noeng. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rake Sarasin.
  7. Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta : Tiara Wacana.
  8. Setianto, Akbar Yuli, dkk. 2021. Sosiologi Pendidikan. Medan : Yayasan Kita Menulis.
  9. Sri Rahayu, Ani. 2017. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta : PT Bumi Aksara
  10. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
  11. Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo : Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.