Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : Pengaruh pendidikan orangtua di Desa Pener, mengetahui tingkat pendidikan anak di Desa Pener, mengetahui pengaruh pengaruh pendidikan orangtua terhadap tingkat pendidikan anak di desa pener kecamatan pangkah kabupaten tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Populasi dalam peneliatian ini adalah masyarakat desa pener populasi 9.208. Dari data tersebut ada 2124 kepala keluarga yang masih mempunyai anak usia sekolah dari umur 6 18 tahun atau yang bersekolah SD, SMP dan SMA, sampel diambil 10% dengan menggunakan rumus Slovin dari 2124 kepala keluarga menajdi 96 sampel orangtua dan anak.Hasil Penelitian : 1.) Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari seluruh indikator variabel pengaruh pendidikan orangtua ada empat indikator yang berada pada ketegori kurang baik, sedangkan tiga indikator yang lainnya berada pada kategori baik. 2.)Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari seluruh indikator variabel tingkat pendidikan anak ada tiga indikator yang berada pada kategori cukup baik, sedangkan lima indikator yang lainnya berada pada kategori baik. 3.) Pengaruh pendidikan orangtua berpengaruh signifikan terhadaptingkat pendidikan anak. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan perhitungan analisis regresi menggunakan SPSS menunjukan bahwa nilai sig.<0,05 artinya hipotesis nolnya ditolak. Saran Orangtua di sarankan untuk selalu memperhatikan anak, menyediakan waktu untuk anak, memenuhi kebutuhan anak, membantu dan menemani anak dalam belajar dirumah.Anak di sarankan agar bisa belajar dengan baik dan belajar setiap hari dirumah agar prestasi di sekolah meningkat walaupun orangtuanya tidak mendampingi saat belajar.
Article Details
References
- Ali, Mohammad. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
- Alwi, H. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. (Jakarta: Balai Pustaka.2005)
- Drs. B.Suryosubroto. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Drs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 2003
- Maftukhah. 2007. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP n 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun 2006/2007. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
- Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPN 2 Temon Kulon Progo Tahun Pelajaran” skripsi tahun 2009
- Peter Salim, dan Yenny Salim, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer (Jakarta: Modern English Press, 1991
- Prof. DR. Sugioyono. 2017. Metode Penelitian pendidikan. Alfabet, Bandung
- Siregar, N.S.S. Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, (Jakarta : Grafindo, 2013)
- Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
- Suryabrata dalam Supranoto . Psikologi Kepribadian. (Jakarta: Raja Grafindo Persada 2008)
- Tamrin Nasution & Nurhajilah Nasution, Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar,(Jakarta: BPK Gunung Mulia,1985), via Siti Nur azizah, Hubungan Antara Madyo
- Umar Tirtarahardja, La Sulo. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
- Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
- Tap MPR No.II/MPR/1998 tentang GBHN, tentang pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan didalam rumah tangga, sekolah dan masyarakat.
- Undang-undang No.47 tahun 2008 tentang Program Wajib Belajar 9 Tahun
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.80 Tahun 2013 tentang Program Wajib Belajar 12 Tahun atau Pendidikan Menengah Universal (PMU)., 20 februari 202