Main Article Content

Abstract

The problem of this research is the low effectiveness of student learning due to gaps in student behavior that are visible during learning, such as not paying enough attention to learning and tending to be less conducive to class IV students at SD Negeri 2 Perumnas Way Halim. This research aims to determine the influence of teachers classroom management skills on students learning effectiveness. This type of research is quantitative research with research methodsafter the fact correlation. The sample in this research was all 91 students. Data collection techniques in this research are observation, questionnaires and documentation studies. The data collection instrument is a questionnaire with a scaleLikert, which was previously tested for validity and reliability. Data analysis uses a simple linear regression test. The results of the research show that there is a positive and significant influence between teachers classroom management skills on students learning effectiveness. Teachers high skills in managing classes will have an impact on increasing students learning effectiveness in the learning and learning process.

Keywords

efektivitas belajar, keterampilan mengelola kelas

Article Details

How to Cite
Nuraini, S., Dini Ariska Putri, & Rima Yuni Saputri. (2024). Pengaruh Keterampilan Pendidik Mengelola Kelas Terhadap Efektivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. JOURNAL CIVIC EDUCATION AND ETHNOGRAPHY, 2(1), 28-35. https://doi.org/10.24905/civet.v2i1.46

References

  1. Adha.,M.M & Ulpa.,E.P. 2021. Peran Orang Tua dan Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak/Peserta Didik Di Era Modern. Jurnal Global Citizen. 10(2), 90-100.
  2. Akhiruddin, S., Haryanto, A., & Nurhikmah. 2019. Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. CV Cahaya Bintang Cemerlang, Makassar.
  3. Aprilia, B. F., & Syunu, T. 2020. Strategi Manajemen Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 8(4), 434-449.
  4. Ariani, N., dkk. 2022. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Widina, Bandung.
  5. Aslamiah, D. A. P., & Akhmad R. A. 2022. Pengelolaan Kelas. Rajawali Pers, Depok.
  6. Azman, Z. 2020. Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Jurnal Edification. 2(2), 51-64.
  7. Aulia, R. & Sontani, U.T. 2018. Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 3(2), 149-157.
  8. Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta, Jakarta.
  9. Dimyati & Mudjiono. 2021. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.
  10. Djamaluddin, A. & Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. CV. Kaaffah Learning Center. Jakarta.
  11. Djamarah, S. B. 2020. Pendidik dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. PT Rineka Cipta, Jakarta.
  12. Erwinsyah, Afian. 2017. Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 5(2),87-105.
  13. Febrianto, A. 2022. Strategi Pembelajaran Membangun Efektivitas Belajar Siswa. Manggu Makmur Tanjung Lestari, Bandung.
  14. Firmansyah, Y., Erwin, S., & Adha, M. M. 2020. Pengelolaan Kelas Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Disiplin Belajar. Civics Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 5(1), 87-91.
  15. Fitra, A. 2018. Pengaruh Tata Ruang Kelas Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP IT Ar Ridho Palembang. (Skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan. UIN Raden Fatah, Palembang.
  16. Hastuti. 2019. Modul Strategi Pembelajaran. Bandar Lampung.
  17. Hernawan, A. H., Asra., & Dewi L. 2007. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Upi Press, Bandung.
  18. Hidayah, H., & Hidayat, M. 2023. Hubungan Kemampuan Manajemen Kelas Dengan Aktivitas Belajar Siswa di MIS Al-Washliyah Kualuh. Leidong. Jurnal Mumtaz. 3(1), 21-31.
  19. Kartina, dkk. 2021. Pengelolaan Kelas dalam Menunjang Keefektifan Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran. 1(1), 30-37.
  20. Karwono & Mularsih, H. 2012. Belajar dan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  21. Kurni, D., K & Susanto, R. 2018. Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1), 39-45.
  22. Mahmudah. 2018. Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran. Jurnal Kependidikan. 6(1), 53-70.
  23. Muhajang, T., & Monica, D. P. 2018. Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(2), 15-22.
  24. Mulyasa, E. 2015. Menjadi Pendidik Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
  25. Muncarno. 2017. Cara Mudah Belajar Statistik Pendidikan. Hamim Group, Metro.
  26. Muyasaroh, S. 2019. Pengelolaan Kelas Dalam Melaksanakan Pembelajaran Aktif. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. 4(1), 1-16.
  27. Nagler, K. S. 2016. Effective Classroom Management & Positive Teaching. Canadian Center of Science and Education. 9(1), 163-172.
  28. Naibaho, D., E., dkk. 2020. Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di SD Negeri 24 Tanjung Bunga. School Education Journal. 10(4), 342-351.
  29. Nasriani. 2022. Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 di NMTs Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian. 2(8), 2501-2510.
  30. Nugraha, M. 2018. Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 4(01): 27-44.
  31. Nugraha., A.,R., Setia N., dkk. 2023. Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas terhadap keaktifan Siswa di Sekolah Dasar. Journal on Education. 5(2), 3849-3856.
  32. Nur’aini, H., & Saripah. 2023. Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIIIC di MTS N Sambas Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Lunggi Jurnal Literasi Unggulan Ilmiah. 1(1), 51-64.
  33. Nuraliyah, S. 2020. Pengaruh Keterampilan Pendidik mengelola Kelas terhadap Efektivitas Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Metro Timur. (Skripsi). Fakultas Tarbiah dan Ilmu Kependidikan. IAIN Metro, Lampung.
  34. Okezone.com. 2022. Ungkap Hasil Survei, Nadiem Makarim Sebut Guru Perlu Keterampilan Mengelola Kelas. https://edukasi.okezone.com/amp/2022/04/14/624/2579216/ungkap-hasil-survei-nadiem-sebut-guru-perlu-keterampilan-mengelola-kelas. Diakses pada tanggal 9 Mei 2023.
  35. Panduan Karya Tulis Ilmiah Universitas Lampung. 2020. Universitas Lampung, Lampung.
  36. Pane, A. & Dasopang, M. D.. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2), 333-352.
  37. Pangastuti, P. A. 2018. Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas Terhadap Rasa Ingin Tahu Siswa. Jurnal Pendidikan Pendidik Sekolah Dasar. 28(7), 2766-2778.
  38. Pratiwi & Mardiah. 2020. Hubungan Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Terhadap Kegiatan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kecamatan Tembilahan. Jurnal Mitra PGMI. 6(1), 28-37.
  39. Pujiman, R., & Matsuri. 2021. Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmiah. 7(2), 124-128.
  40. Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan. 2019. Neraca Pendidikan Daerah: Data UKG. Kemendikbud, Jakarta.
  41. Rahayu, R., & Susanto, R. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. 4(2), 220-229.
  42. Rahmawati, M., & Suryadi, E. 2019. Guru Sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4(1), 49-54.
  43. Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Alfabeta, Bandung.
  44. Saadah, A. 2018. Pengaruh Peran Pendidik Terhadap Efektivitas Belajar Pendidikan Agama Islam SMK Al-Asror Desa Sumbersari Kecamatan Sekampung. (Skripsi). Fakultas. Tarbiah dan Ilmu Kependidikan. Institut Agama Islam Negeri Metro. Lampung.
  45. Salmiah, M., Rusman, A. A., & Abidin, Z. (2022). Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dalam Tinjauan Psikologi Manajemen. ITQAN Jurnal Ilmu Kependidikan. 13(1), 41-60.
  46. Salsabila & Puspitasari. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 2(2), 278-288.
  47. Slameto. 2020. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta, Jakarta.
  48. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
  49. Sumar, W. T. 2020. Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management. 1(1), 49-59.
  50. Susilo, F. A. 2013. Peningkatan Efektivitas pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. 2(1), 11-12.
  51. Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo, Jakarta.
  52. Tarihoran, N. M. & Wiputra, C. 2020. Upaya Guru dalam Adaptasi Manajemen Kelas untuk Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Persada. 3(3), 134-140.
  53. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2005. Sekretariat Negara, Jakarta.
  54. Yanti, N. 2015. Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Pendidikan. 7(2), 347-360.
  55. Yumnah, S. 2018. Strategi dan Pendekatan Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran. Jurnal Studi Islam. 13(1),18-26.
  56. Yusuf, B.B. 2018. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. 1(2), 13-20.
  57. Zulyan, S. V., Pitoewas, B., & Adha, M. M. 2014. Pengaruh Keteladanan Guru Tehadap Sikap Belajar Peserta Didik. Jurnal Kultur Demokrasi. 2(2), 1-12.